Pages

Wednesday, March 6, 2013

Gunung Kelud: Pengkhianat Cinta Hingga Letusan Efusif

Gunung Kelud: Pengkhianat Cinta Hingga Letusan Efusif

Indonesia memiliki banyak sekali gunung vulkanik yang berada dalam keadaan aktif namun tidak berbahaya, salah satunya adalah Gunung Kelud. Gunung yang terletak antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri ini menyimpan berjuta pesona dan misteri yang layak untuk Anda ketahui. Gunung yang memiliki ketinggian 1.731 mdpl ini memiliki empat puncak, yaitu puncak Kelud, puncak Gajah Mungkur, puncak Sumbing, dan puncak Gedang.
Mitos Pengkhianatan Cinta
Menurut mitos yang berkembang dalam kepercayaan penduduk sekitar Gunung Kelud, gunung tersebut terbentuk dari kisah pengkhianatan cinta seorang putri terhadap dua raja sakti. Sang putri menjebak kedua raja sakti hingga mereka mati. Namun, sebelum mati, salah satu dari raja tersebut mengucapkan sumpah bahwa daerah Kediri bakal menjadi sungai.
Dari mitos ini, ahkirnya penduduk di sekitar Gunung Kelud setiap tahunnya mengadakan upacara sesaji yang disebut Larung Sesaji. Upacara ini terjadi pada setiap 23 Syura. Upacara Larung Sesaji ini juga merupakan agenda budaya yang menampilkan pertunjukkan kesenian tradisional dan pagelaran musik tradisional. Sebuah momen yang sayang untuk dilewatkan.

Proses Pembentukan Gunung Baru
Bukan hanya itu, Gunung Kelud juga memberikan pesona lain yang tak bisa Anda temui di objek wisata lain, yaitu melihat langsung proses terbentuknya gunung baru. Atau, banyak orang di sana menyebutnya Anakan Gunung Kelud.
Anakan Gunung Kelud atau gunung baru ini merupakan proses  terjadinya kubah Lava baru yang letusannya bersifat efusif (keluar pelan) yang membentuk sedimentasi hingga saat ini. Material yang keluar ini mencapai 700.000 meter kubik per harinya. Sehingga, Anda seperti menyaksikan pembentukan gunung baru secara bertahap.
Selain itu, di kawasan Gunung Kelud ini Anda bisa menikmati berbagai macam permainan yang mengasyikkan untuk dicoba, seperti flying fox di area pegunungan yang terbuka, pasti memberikan pacuan adrenalin. Anda juga bisa menyusuri terowongan menuju gardu pandang untuk melihat keindahan Kota Kediri dari atas Gunung Kelud. Di kawasan wisata gunung Kelud ini juga terdapat sumber air panas. Sumber air panas ini dulunya adalah sebuah danau kawah.
Udara yang bersih dan pemandangan hijau membentang beserta lansakap kota Kediri yang terbentang adalah pesona gunug Kelud yang sayang bila diabaikan begitu saja. 
Akses Jalan
Untuk sampai ke daerah wisata Gunung Kelud ini sangat mudah. Anda dari kota Kediri Jawa Timur mengambil jalan ke arah Wates, lalu Ngancar, baru kemudian memasuki kaki gunung Kelud.
Jangan khawatir, petunjuk arah jalan menuju objek wisata ini cukup lengkap sehingga Anda tidak akan tersasar. Memasuki objek wisata, Anda wajib membayar tiket masuk seharga Rp5.000 per orang; Rp1.000 untuk motor; dan Rp3.000 untuk mobil. Setelah melewati pos penjagaan tersebut, jalanan mulai mennjak dan berliku, kira-kira 3 km sebelum puncak ada tempat untuk beristirahat, sebelum melanjutkan perjalanan.
Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))